5 Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Zenfone 4 Mu Yang Bermasalah Bootlop

Dipublikasikan pada

Pengertian Bootloop

Bootloop adalah suatu keadaan di mana sebuah piranti lunak pada android mengalami masalah. Biasanya masalah yang timbul ditunjukan dengan adanya tanda yaitu android selalu gagal masuk ke dalam sistem. Ciri yang paling khas yaitu smartphone hanya menampilkan logo android saja ataupun logo sang vendor saja secara berulang-ulang.

bootlop power upbootlop power up

Berdasarkan tingkat kerusakannya, bootloop sendiri dapat dibedakan menjadi dua yaitu light bootloop dan juga hard bootloop. Light bootloop dapat dikatakan sebagai bootloop yang bersifat sementara atau terjadi hanya sesekali saja. Sedangkan hard bootloop adalah bootloop dalam tingkatan yang lebih parah di mana smartphone selalu gagal masuk ke dalam sistem, atau terjadi secara permanen walaupun sudah direstart berulang kali.

Jika memang hal ini terjadi pada Asus Zenfone anda, maka anda tidak perlu panik, apalagi sampai menangis. Anda juga tidak perlu buru-buru mendatangi counter handphone serta membayar ratusan ribu untuk mengatasinya, karena dengan mengetahui cara Asus Zenfone 4 Bootloop anda bisa mengatasinya sendiri di rumah.

Cara Mengatasi Asus Zenfone 4 Bootloop Ringan ( Light Bootloop )

Memperbaiki Asus  Zenfone 4 yang mengalami bootloop ringan sangatlah mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal teknis saja. Caranya yaitu matikan Asus Zenfone 4 anda, kemudian cabut bagian memori, SIM card dan juga baterai. Setelah itu diamkan selama 30 menit hingga 24 jam. Selanjutnya pasang kembali SIM card, memori dan juga baterai dan hidupan kembali. Jika hal ini tidak berhasil, maka itu berarti bahwa Zenfone 4 milik anda mengalami hard bootloop. Penanganannya tentu berbeda.

Cara Mengatasi Asus Zenfone 4 Bootlopp Parah ( Hard Bootloop )

Seperti yang telah disebutkan tadi, mengatasi hard bootloop tidaklah sama dengan mengatasi light bootloop. Karena cara Asus Zenfone 4 Bootloop satu ini harus menggunakan flashing. Untuk melakukan flashing, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengunduh firmware Asus Zenfone 4 terlebih dahulu. Untuk mengunduhnya anda dapat mencarinya di internet ataupun di situs asus.com secara langsung. Pastikan bahwa firmware yang anda unduh tersebut telah sesuai dengan tipe dari Asus Zenfone yang anda gunakan. Selanjutnya anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

reboot

reboot

  1. Setelah anda mengunduh firmware tadi, selanjutnya anda harus memindahkan firmware tersebut ke dalam micro SD.
  2. Setelah dipindahkan, lalu matikan Asus Zenfone 4.
  3. Selanjutnya masuk pada menu DroidBoot ataupun FastBoot. Caranya adalah tekan tombol volume ( + ) dan power secara bersamaan selama beberapa detik.
  4. Ketika anda telah berhasil masuk pada menu DroidBoot ataupun FastBoot, selanjutnya lakukan factory reset dan  pilih SD Download atau bisa juga pilih menu recovery untuk memulai flashing.
  5. Terakhir anda hanya tinggal menunggu proses flashing hingga selesai dan nantinya Asus Zenfone 4 milik anda akan melakukan reboot sendiri jika proses sudah benar-benar selesai.

Nah, itulah cara Asus Zenfone 4 Bootloop dengan cara flashing ulang. Hal yang perlu menjadi perhatian adalah ketika akan melakukan flashing, pastikan bahwa baterai Asus Zenfone 4 milik anda berada pada keadaan penuh atau lebih dari 50%. Karena jika sampai Zenfone anda mati akibat kehabisan baterai pada saat flashing, maka akibatnya akan sangat fatal sekali.

Hasil Pencarian :

Nilai Kualias Konten